Jumat, 12 Agustus 2016

PENTAKIT SARAF AUTOIMUN






1. Miastenia Gravis 

       Miastenia Gravis  merupakan penyakit AI neuromuskular yang ditandai dengan kelemahan otot yang bervariasi dan yang  khas berupa otot cepat mengalami kelelahan pada kegiatan yang berulang dan cepat pulih setelah beristirahat. Otot yang paling cepat terserang adalah otot mata, kelopak mata,
wajah, pengunyah dan menelan Kelainan ini disebabkan antibodi terhadap reseptor asetilkolin pada daerah pos sinaps neuromuscular junction, sehingga menghambat efek eksitasi neurotransmitor asetilkolin pada reseptor nikotinik diseluruh muscular junction.

2. Sindrom Guillain Barre

       Sindrom Guillain Barre merupakan polineuropati akut yang terjadi pada sistem saraf perifer, kelumpuhan yang terjadi mulai dari kaki dan tangan menjalar ke tubuh merupakan gejala yang paling  khas. pada beberapa subtipe juga ditemukan perubahan sensorik dan nyeri, termasuk disfungsi sistem saraf otonom. Diagnosa biasanya dilakukan dengan pemeriksaan hantaran saraf dan cairan serebrospinal.

3. Sklerosis Multipel 

        Sklerosis Multipel dikenal juga sebagai sklerosis diseminata atau ensefalomielitis diseminata. MS merupakan inflamasi yang menimbulkan kerusakan lapisan mielin di otak dan korda spinalis, sehingga terjadi demielinisasi dan parut yang menyebabkan spektrum tanda dan ge4jala yang luas. MS menganggu kemampuan berkomunikasi sel saraf otak dan korda spinalis. kerusakan ini terjadi akibat sistem imun menyerang dan merusak mielin. 

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "